Pengaruh Model Kemitraan Perajin Batik dan UMKM terhadap Kesejahteraan Perajin Batik Tanjung Bumi Bangkalan

Main Article Content

Abdulloh Musa Syahrul Adhim
Khoirun Nasik

Abstract

Tujuan di lakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model kemitraan perajin batik dan UMKM terhadap kesejahteraan masyarakat perajin batik Tanjung Bumi Bangkalan. Penelitian ini dilakukan di beberapa tempat kelompok perajin batik yaitu kelompok Bajumi, Melate Poteh, Jokotole, Sulton dan Amin Jabir. Dengan 40 perajin batik sebagai responden yang terdiri dari 35 perajin perempuan dan 5 perajin laki-laki. Jenis Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data yang terbentuk angka yang diuji dengan statistik. Dalam teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas dan uji asumsi klasik. Berdasarkan analisis angket (kuesioner) yang menggunakan pengukuran skala likert dan hasil data yang diperoleh dari hasil analisis membuktikan bahwa variabel kemitraan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kesejahteraan perajin batik Tanjung Bumi Bangkalan. Dengan dilihat dari nilai t hitung yaitu 2,248 > t tabel 2,026. Sedangkan variabel UMKM tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kesejahteraan, dengan melihat nilai t hitung 0,876 < t tabel 2,026. Jadi, kerajinan batik  ini merupakan salah satu sumber penghasilan ekonomi bagi masyarakat lokal serta sebagai penopang pertumbuhan dan perkembangan perekonomian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adhim, A. M. S. ., & Nasik, K. . (2021). Pengaruh Model Kemitraan Perajin Batik dan UMKM terhadap Kesejahteraan Perajin Batik Tanjung Bumi Bangkalan. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 1(2), 142–157. https://doi.org/10.52620/jeis.v1i2.12
Section
Articles

References

Ade Resalawati, “Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomipada sektor UKM Indonesia”, (Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri SyarifHidayatullah Jakarta, 2011).

Adiwarman Karim, “Ekonomi Makro Islam”, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012).

Asti M.dan Ambar B. Arini, “Batik: Warisan Adiluhung Nusantara”, (Yogyakarta: Andi Offset, 2011).

Creswell Jhon W, “Reseacrh Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran”, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017).

Herry Lisbijanto, “Batik”, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013).

Musthofa, “PENERAPAN PRINSIP KEMITRAAN PADA U.D. PANTIBOGANATURAL FOOD SPECIALIST DENGAN RAHMA JAYA HERBALDI KECAMATAN MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR”, Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol.20 No.1, Juni 2019

Notoatmodjo, Soekidjo, “Pendidikan dan Perilaku Kesehatan”, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).

Nur Qomariah, “Pengaruh Program Kemitraan, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan UMKM di Kecamatan Bangil”, Jurnal riset ekonomi dan manajemen. Vol16, No.1 –juni 2016.

Pasal 1, Ayat 1, Undang-undang nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kemitraan.

Pratiwi, N. I. (2017). “Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi”. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202–224

Pusat Bahasa, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, (Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2008).

Raden Ahmad Romadhoni Surya Putra, “Pengaruh Modal Sosial Terhadap Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Peternak: Studi Kasus Pada Kelompok Peternak Ayam Kampung Ngudi Mulyo, Gunungkidul”, Buletin Peternakan, Vol. 41 (3), Agustus 2017.

Rafa Pustaka,”Kamus Sosiologi”, (Jakarta: Rafapustaka, 2010).

Rully dan Poppy, “Metodologi Penelitian”, (Bandung: PT.REFIKA ADITAMA, 2014).

Syahrum dan Salim, “Metodologi Penelitian Kuantitatif”, (Bandung: Citapustaka Media, 2014).

Syaikh Abdurrahman, “Tafsir Al-karim, Ar-rahman fi Tafsir Kalam Al-Mannan”, (Darul Haq: 2016).

Tulus T.H. Tambunan, “UMKM di Indonesia”, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2009).

Winardi, “Kamus Ekonomi Inggris-Indonesia”, (Bandung: Mandar Maju, 2011).

Yuli Rahmini Suci, “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia”, jurnal ilmiah cano ekonomos. VOL.6 No.1.2017.