Komunikasi pada Materi Aturan Pencacahan

Main Article Content

Tofan Adityawan

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, komunikasi merupakan aspek yang sangat penting,karena dengan berkomunikasi, siswa dapat menyampaikan ide – idenya dengan jelas dan terarah. Komunikasi matematika dapat dilakukan dengan teman atau rekan, maupun dengan guru pembimbing. Sesuai dengan NCTM 2000 bahwa komunikasi memiliki empat standart penting yaitu mengatur dan menggabungkan pemikiran matematika mereka melalui komunikasi (K1), mengkomunikasikan pemikiran matematika mereka secara logis dan jelas kepada rekan-rekan, guru, dan lain-lain (K2), menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematika mereka dan strategi lain (K3), menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara tepat (K4). Dalam artikel ini ke empat standart tersebut digunakan dalam pemecahan masalah Aturan Pencacahan,dan diamati serta diulas dari sisi komunikasinya. Secara garis besar dalam ulasan ini memberikan suatu keyakinan bahwasannya komunikasi merupakan hal yang harus ada pada setiap pembelajaran khususnya pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adityawan, T. (2021). Komunikasi pada Materi Aturan Pencacahan. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.52620/jeis.v1i1.5
Section
Articles

References

NCTM 2000. Principles and Standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Leigh N. Wood.2012. Practice and conceptions: communicating mathematics in the workplace: Macquarie University

Mary E. Brenner.1998. Development of Mathematical Communication in Problem Solving Groups By Language Minority Students. Bilingual Research Journal, 22:2, 3, & 4 Spring, Summer: University of California, Santa Barbara

Geneviève Boulet.2007. How Does Language Impact the Learning of Mathematics? Let Me Count the Ways. Journal of teaching and learning: Mount Saint Vincent University

Jingzi Huang, Bruce Normandia.2009. Mathematically: A Case Study of a Secondary Mathematics Classroom: Monmouth University, NJ, USA

Gerry Stahl, Murat Perit Çakir, Stephen Weimar. 2010. Enhancing Mathematical Communication For Virtual Math Teams. Vol 3, No. 2

Faye Marsha G. Camahalan, Kelly M. Young. 2013. Using Math Journals to Encourage Students to Communicate their Understanding of Math Concepts. Journal Of Teacher Action Research.

Brittany K Tharpe. 2000. Talk Your Math Off: Communication in the Mathematics Classroom: State University

Kemendikbud. 2013. Buku Guru Matematikakurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.