Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Eded menggunakan Pendekatan Ethnomatematika Dimasa Pandemi

Main Article Content

Nisak Nirmala Rosy

Abstract

Masa pandemi ini pemeritah membuat kebijakan untuk melakukan pembelajaran dirumah masing-masing siswa. Pembelajaran ini terkenal dengan pembelajaran sistem daring. Salah satu efek dari pembelajaran daring yaitu menurunkan minat siswa dalam belajar. Sehingga peneliti menggunakan soal yang menarik siswa yaitu dengan pendekatan ethnomatematika. Ethnomatematika mengandung soal yang berkaitan dengan budaya sekitar. Soal open-ended dengan pendekatan ethnomatematika berhasil menarik minat siswa untuk mengerjakan dan lebih memahami konsep lingkaran. Dari uji soal dan wawancara keseluruhan siswa dapat memahami soal dengan baik dan menghubungkan jawaban kedalam konsep lingkaran dengan tepat. Secara keseluruhan siswa dapat menyelesaikan persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran.  Hanya satu siswa yang tidak meragukan dalam menyelesaikan garis singgung lingkaran dengan pusat (a,b). Jawaban yang diberikan dihubungkan dengan konsep ingkaran dengan sangat baik. Siswa juga dapat  memunculkan ide-ide baru untuk mendaatkan jawaban lebih banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosy, N. N. . (2021). Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Eded menggunakan Pendekatan Ethnomatematika Dimasa Pandemi. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 1(2), 101–115. https://doi.org/10.52620/jeis.v1i2.9
Section
Articles

References

Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289

D`ambrosio, ubiratan. 1985. Ethnomathematics And Its Place In The History And Pedagogy Of Mathematics. For the Learning of Mathematics S, 1 (February 1985) FlM Publishing Association, Montreal, Quebec Canada

Hurauruk, A., Sidabutar, R. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Vol. 02, No.01, 45-51

Kaufan, J.C., Baer, J., Cole, J.C., & Sexton, J.C. 2008. A Comparison Of Expert And Nonexpert Raters Using The Consensual Assesment Technique. Creativity Research Journal, 20(2),171-178

Kwon, O.N., Park, J, &Prak, J. 2014. Cutiviting Divergent Thingking In Mathematics Through An Open-Ended Aprroach. Asia Pasific Education Review Vol.7, No.1, 51-61. Korea: Seoul National University

Mann, E.L. 2005. Mathematical Creativity And School Mathematics: Indications Of Matematical Creativity In Midlle School Student. Universitas Of Coneccticut

Murni. 2013. Open-ended Approach in Learning to Improve Student Tingking Skills in Banda Aceh. International Journal of Independent Research and studies – IJIRS ISSN: 2226-4817; EISSN:2304-6953 Vol.2, No2

Nadjafikhah, M., Yaftian, N., dan Bakhshalizadeg, S. 2012. Creativity: Some Definitions and Characteriestics. Prosedia- Social and Behavioral Sciences 31(2012)285-291

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rahmawati, Arum. 2021. Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Masa Pandemi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan modern Volume 06 no 02 tahun 2021, hal 74-84

Ricardo, Rino. 2016. Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI, Volume VII, No. 2 Desember 2016

Risdiyanti, I & Prahmana. R. 2020. Ethnomatematics Teori Dan Implementasinya : Suatu Pengantar. Bantul: UADPRESS

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Ikra-ith humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71.

Sannakanavar ,P. 2014. A Study Of Creativity In Science Learning Of Secondary School Student In Relation To Their Intellligence. Indian journal od health and Wellbeing 2014, 5(10), 1219-1221

Yanti, Dwi, dkk. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Peserta Didik Sekolah Negeri Atau Swasta Dalam Pembeljaran Matematika Realistik Berorientasi Ethnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 3 No 1 Juni 2018. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr